PWEB - Pertemuan 16 - FP

Nama: Hammuda Arsyad

NRP: 5025211146

Kelas: PWEB B

Cari paper yang berhubungan dengan aktivitas pembuatan perangkat lunak/ aplikasi

Link Paper: https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/viewFile/3288/2975

Berdasarkan referensi yang sudah didapatkan,

1. Buatlah deskribsi studi kasus pemrograman web (individu)

    Pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang telah mengubah gaya hidup masyarakat dengan meluasnya transaksi jual beli online melalui e-commerce. Meskipun pertumbuhan e-commerce sangat pesat, terdapat beberapa masalah yang dihadapi, antara lain keterbatasan target pasar dalam media sosial, peningkatan kasus penipuan, dan persaingan ketat di pasar e-commerce.

    Sebagai solusi, diperkenalkan sebuah website social commerce marketplace yang mengintegrasikan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Melalui integrasi ini, pelaku e-commerce bisa lebih luas menjangkau pelanggan dengan melakukan sign up dan berbagi produk langsung dari platform media sosial ke website marketplace. Website ini juga menyediakan payment gateway untuk memastikan keamanan transaksi antara pembeli dan penjual, memberikan kepercayaan kepada keduanya.

    Dengan demikian, inovasi ini diharapkan dapat mengatasi masalah keterbatasan target pasar, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online, dan membantu para pelaku e-commerce mendapatkan pelanggan lebih luas.

2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi  (individu)

Fitur yang dapat diakses oleh guest: 

  • Melakukan search barang. 
  • Melihat list barang yang dijual oleh berbagai toko di halaman shop dan melihat detail barang yang dipilih di halaman detail barang. 
  • Melihat daftar penjual yang berjualan pada marketplace. 
  • Mengontak admin melalui form contact yang disediakan di halaman contact. 
  • Register sebagai member pembeli. 

Fitur yang dapat diakses oleh member pembeli: 
  • Meng-edit profile di halaman manage profile. 
  • Me-like barang dan melihat history like di halaman history like barang. 
  • Melihat member penjual yang di-follow di halaman list follow penjual. 
  • Melihat kategori barang yang di-follow di halaman list follow kategori. 
  • Memasukkan barang ke dalam shopping cart dan melakukan order. Order yang telah berhasil dapat dilihat kembali pada halaman history pembelian. 
  • Mengonfirmasi pembayaran yang dilakukan via transfer di halaman konfirmasi pembayaran. 
  • Request untuk menjadi member penjual di halaman request member penjual. 
  • Memberikan review terhadap barang yang dibeli dan sudah diterima. 
  • Mengajukan komplain dan retur terhadap suatu order. 

Fitur yang dapat diakses oleh member penjual: 
  • Meng-edit profile dan deskripsi toko di halaman manage profile. 
  • Me-like barang dan melihat history like di halaman history like barang. 
  • Mem-follow sesama member penjual dan melihat list yang di-follow di halaman list follow penjual.  Melihat kategori barang yang di-follow di halaman list follow kategori. 
  • Memasukkan barang ke dalam shopping cart dan melakukan order. Order yang telah berhasil dapat dilihat kembali pada halaman history pembelian. 
  • Mengkonfirmasi pembayaran yang dilakukan via transfer di halaman konfirmasi pembayaran. 
  • Memberikan review terhadap barang yang dibeli dan sudah diterima. 
  • Mengajukan komplain dan retur terhadap suatu order. 
  • Halaman notifikasi yang memberitahukan info mengenai follower baru, dan like terhadap barang yang dijual. 
  • Me-manage barang yang dijual pada halaman manage barang. 
  • Me-manage order yang diterima pada halaman manage order. 

Fitur yang dapat diakses oleh admin: 
  • Me-manage admin pada halaman manage admin. 
  • Me-manage member pembeli pada halaman manage member pembeli. 
  • Me-manage member penjual pada halaman manage member penjual. 
  • Me-manage kategori pada halaman manage kategori. 
  • Me-manage barang pada halaman manage barang. 
  • Me-manage order beserta invoice-nya pada halaman manage order. 
  • Me-manage review barang pada halaman manage review. 
  • Me-manage komplain barang pada halaman manage komplain. 

3. Rancang desain databasenya  (individu)

Conceptual Data Model (CDM):


4. Buat desain front end  (individu)

Landing Page:


Keranjang Belanja:


Pembayaran:


Kelola Pesanan:

Detail Pesanan:


Dashboard Admin:



5. Tentukan action yang akan mengandle logika back end.  (individu)

Data Flow Diagram:


1. Apply Member Penjual
Member pembeli yang ingin menjual barang pada website dapat mengajukan request pada halaman apply member penjual. Request diajukan dengan cara mengisi form request meliputi nama toko dan deskripsi toko secara jelas. Setelah request diajukan, maka status request adalah pending sampai dengan admin menjawab request member pembeli. Setelah admin menerima request member pembeli, maka status member pembeli akan berubah menjadi member penjual.

2. Shopping Cart
Pada halaman shopping cart, member pembeli dapat mengubah keterangan dan kuantitas barang serta menghapus barang dari shopping cart. Barang yang ada pada shopping cart akan ditampilkan dengan dikelompokkan berdasarkan member penjualnya dalam tabel-tabel yang terpisah.

Apabila member pembeli memilih metode pembayaran PayPal maka setelah check out berhasil, member akan dialihkan ke halaman PayPal dan dapat melakukan pembayaran ke marketplace secara langung dengan login ke akun PayPal.

3. Integrasi Facebook
Member penjual yang mengintegrasikan akun Facebook-nya akan dialihkan ke halaman authorization Facebook. Apabila member penjual meng-upload foto di akun Facebook-nya, maka barang akan secara otomatis terinsert ke tabel barang.

4. Integrasi Instagram
Member penjual yang mengintegrasikan akun Instagramnya akan dialihkan ke halaman login Instagram untuk proses authorization. Apabila member penjual meng-upload foto di akun Instagramnya, maka barang akan secara otomatis ter-insert ke tabel barang.

5. Manage Order
Member penjual dapat mengakses halaman manage order untuk melihat order yang masuk ke tokonya. Untuk melihat order detail dari order tersebut, member penjual dapat mengklik button bersimbol mata..

6. Manage Barang
Member penjual dapat view, add, update, dan delete barang yang ada pada tokonya di halaman manage barang. Member penjual dapat meng-update keterangan barang dengan mengklik button update bersimbol pensil.

7. Request Member Penjual
Pada halaman request member penjual, admin dapat melihat data request member penjual yang diajukan oleh member pembeli. Admin dapat meng-update status request sebagai respon atas request yang diajukan oleh member pembeli,

8. Manage Order
Pada halaman manage order, admin dapat melihat data order dari member pembeli pada website marketplace. Admin dapat meng-update status pembayaran order menjadi paid apabila pembayaran yang sudah dikonfirmasi oleh member pembeli adalah valid. Setelah status pembayaran diupdate menjadi paid, order akan disampaikan kepada member penjual.

6. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat (pilih salah satu - bisa kelompok maks 3)

Nama kelompok:

Moh. Rosy Haqqy Aminy (5025211012)
M. Hafidh Rosyadi (5025211013)
Hammuda Arsyadi (5025211146)


7. Buat video presentasinya, upload di youtube, dan didokumentasikan di blog.



Comments

Popular posts from this blog

PBKK - Pertemuan 09 - Tugas 1

PWEB - Pertemuan 04 - Tugas 1

PWEB - Pertemuan 09 - Tugas 1